Teknologi

10 Rekomendasi Laptop Mahasiswa DKV 2023 Terbaru, Siap Libas Aplikasi Desain

×

10 Rekomendasi Laptop Mahasiswa DKV 2023 Terbaru, Siap Libas Aplikasi Desain

Share this article
Laptop Mahasiswa DKV
Rekomendasi Laptop Mahasiswa DKV 2023 (Ayo24)

Ayo24 – Ketika berbicara tentang mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) di tahun 2023, satu alat yang tak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari mereka adalah laptop.

Memilih laptop DKV 2023 tentunya bukan hanya alat untuk belajar, tetapi juga alat untuk menunjang perkuliahan, mengoptimalkan produktivitas dan mendukung kreativitas berkarya dalam dunia desain grafis, ilustrasi, fotografi, dan banyak lagi.

Aplikasi-aplikasi desain seperti produk Adobe Creative, CorelDRAW atau SketchUp akan menjadi makanan sehari-hari. Oleh karena itu, pemilihan rekomendasi laptop untuk DKV 2023 yang tepat sangat penting.

Agar tidak salah beli yang kemudian laptop tidak berfungsi secara optimal, ada baiknya Anda memahami laptop yang cocok untuk mahasiswa jurusan desain ini.

Tips Memilih Laptop Untuk Anak DKV 2023

Dalam memilih laptop, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah peruntukan dan fungsi utama yang harus ada pada laptop tersebut.

Mulai dari spesifikasi yang mencukupi, desain yang modern namun minimalis, ukuran yang ringan dan lain sebagainya.

Prosesor yang Tangguh

Prosesor yang kuat adalah syarat mutlak, sebaiknya pilih laptop dengan prosesor Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5 atau yang lebih tinggi. Prosesor yang kuat akan membantu menjalankan aplikasi desain dengan lancar.

RAM yang Cukup Besar

RAM adalah teman terbaik desainer. Minimal 8GB RAM sangat diperlukan, tetapi jika anggaran memungkinkan, pilih laptop dengan 16GB RAM untuk kinerja yang lebih baik.

GPU yang Powerful

Mahasiswa DKV pasti akan berkutat dengan aplikasi 3D atau rendering grafis, laptop dengan GPU khusus seperti NVIDIA GeForce atau AMD Radeon mungkin diperlukan. Namun, untuk tugas desain 2D, GPU terintegrasi cukup.

Kapasitas Penyimpanan yang Memadai

Desainer cenderung memiliki banyak file besar. Pastikan laptop memiliki penyimpanan SSD dengan kapasitas minimal 256GB. Ini akan memastikan kecepatan akses yang baik.

OS Windows, MacOS, atau Linux?

Pilihan sistem operasi tergantung pada preferensi pribadi. Windows umumnya lebih fleksibel, MacOS terkenal untuk desain grafis, dan Linux cocok jika Anda ingin eksplorasi lebih dalam dalam dunia open-source.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Laptop Mahasiswa Ilmu Komputer 2023 Terbaru

Ukuran yang Sesuai

Pilih ukuran laptop sesuai dengan mobilitas Anda. Jika sering bepergian, laptop ringan dan tipis mungkin lebih baik. Namun, jika Anda lebih suka performa yang tinggi, laptop yang lebih besar dapat menjadi pilihan.

Layar Resolusi Tinggi dan Akurasi Warna

Layar yang berkualitas tinggi dengan resolusi Full HD atau lebih tinggi sangat penting. Akurasi warna yang baik juga diperlukan untuk desain grafis yang presisi.

Daya Tahan Baterai

Ketika Anda harus mengerjakan tugas di luar ruangan atau dalam perjalanan, daya tahan baterai yang baik akan membantu Anda tetap produktif.

Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa DKV 2023 Terbaru

Setelah memahami cara memilih laptop yang cocok diatas, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai laptop untuk DKV yang siap menghadapi tugas-tugas yang menantang dalam dunia desain grafis dan multimedia.

1. Acer Aspire Nitro V 15 (ANV15-51)

Acer Aspire Nitro V 15 (ANV15-51)

Acer Nitro V 15 merupakan laptop yang lengkap. Sesuai namanya, laptop ini sudah pasti mumpuni untuk digunakan bermain game. Namun disamping itu, laptop ini juga sanggup untuk digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan berat, salah satunya adalah sebagai laptop untuk kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di mana pada kuliat tersebut akan mendapatkan tugas seperti desain grafis, ilustrator, animator, hingga melakukan editing foto dan video dan membutuhkan laptop dengan performa yang baik.

Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa DKV

Dari segi performa, Anda bisa mengandalkan kombinasi prosesor 3th Gen Intel® Core i5-13420H dan kartu grafis up to NVIDIA® GeForce® RTXTM 4050 with 4GB dedicated GDDR6 VRAM, dengan Maximum Graphics Performance (MGP) 75W, yang mana spesifikasi tersebut merupakan yang tertinggi di kelasnya). Layar Full HD berukuran 15.6 inci membuat laptop ini bisa diandalkan untuk pekerjaan Anda.

Laptop Mahasiswa DKV

Dukungan port yang lengkap membuat Anda dapat menghubungkan laptop dengan berbagai perangkat pendukung untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan Anda dengan mudah. Belum lagi, desain laptop yang agresif membuat Anda memiliki laptop yang atraktif.

Tips Memilih Laptop Untuk Anak

2. MacBook Pro 14-inch

Salah satu pilihan yang sangat menarik adalah MacBook Pro 14-inch (2023). Dengan prosesor canggih Apple M2, kapasitas RAM hingga 32GB, dan layar Retina XDR yang begitu brilian, laptop ini akan dengan mudah memenuhi semua kebutuhan Anda sebagai mahasiswa DKV.

Baca Juga :  DJI Luncurkan Osmo Pocket 3, Gimbal Kamera dengan Segudang Peningkatan

3. Dell XPS 15

Jika Anda lebih memilih sistem operasi Windows, maka Dell XPS 15 (2023) adalah pilihan yang sangat istimewa.

Laptop ini didukung oleh prosesor Intel Core i9 terbaru, GPU NVIDIA GeForce RTX series dan layar yang dijuluki “InfinityEdge” berteknologi OLED 4K yang membuatnya begitu tajam dan akurat dalam menampilkan warna desain.

4. ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED adalah laptop yang dirancang khusus untuk desainer grafis. Laptop ini memiliki dua layar, yaitu layar utama 15,6 inci dan layar sekunder 14,1 inci.

Layar utama menggunakan panel OLED yang menawarkan kualitas gambar yang luar biasa, sedangkan layar sekunder dapat digunakan untuk menampilkan berbagai macam alat dan informasi yang berguna untuk desain grafis.

5. ASUS ROG Zephyrus G14

Laptop gaming ini dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 9, kartu grafis NVIDIA GeForce RTX, dan layar QHD 1440p dengan tingkat refresh rate yang tinggi.

Anda dapat dengan mudah beralih antara tugasdesain dan sesi bermain game tanpa lagging yang berarti.

6. Lenovo ThinkPad X1 Carbon

Lenovo ThinkPad X1 Carbon (2023) adalah pilihan sempurna bagi Anda yang mencari laptop yang ringan dan mudah dibawa ke mana-mana.

Dengan desain yang ramping dan tahan lama, rekomendasi laptop mahasiswa DKV ini sangat cocok yang sering bepergian.

Prosesor Intel Core i7, RAM yang besar, dan layar berkualitas tinggi menjadikannya pilihan yang tepat untuk tugas-tugas desain yang memerlukan mobilitas.

7. MacBook Pro M2

MacBook Pro M2 adalah laptop terbaik mahasiswa DKV karena menawarkan performa yang sangat mumpuni, layar yang berkualitas, dan desain yang elegan.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Apple M2, yang merupakan prosesor terbaru dari Apple yang menawarkan performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Baca Juga :  Skor Geekbench Ryzen 9 8950X Bocor, 20% Lebih Tinggi di Banding Generasi Sebelumnya

MacBook Pro M2 juga dilengkapi dengan kartu grafis Apple M2, yang mampu menangani tugas-tugas berat seperti editing video dan rendering grafis.

8. Microsoft Surface Laptop 5

Microsoft Surface Laptop 5 adalah alternatif yang menarik untuk mahasiswa DKV yang menginginkan kombinasi antara laptop dan tablet.

Dengan layar sentuh PixelSense yang brilian, stylus Surface Pen, dan prosesor Intel Core i7, laptop ini sangat cocok untuk kegiatan sketsa dan desain langsung.

9. Acer Aspire 5 Slim

Acer Aspire 5 Slim adalah laptop yang menawarkan performa yang baik dan harga yang terjangkau. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-12500H, yang mampu menangani tugas-tugas berat seperti editing video dan rendering grafis.

Laptop ini juga memiliki versi “Creator Edition” yang dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050, yang dapat memberikan performa grafis yang cukup untuk desain grafis.

10. Acer ConceptD 7

Acer ConceptD 7 adalah pilihan hebat untuk mahasiswa DKV yang mencari laptop dengan kualitas warna yang luar biasa.

Laptop ini dilengkapi dengan layar 4K UHD IPS yang telah dikalibrasi dengan sempurna untuk keakuratan warna yang tinggi.

Dukungan prosesor Intel Core i9 dan GPU NVIDIA RTX 30-series akan memastikan Anda dapat melakukan tugas desain dengan sempurna.

11. HP Spectre x360

Terakhir, HP Spectre x360 (2023) adalah laptop 2-in-1 yang sangat fleksibel dan dapat menyesuaikan kebutuhan Anda.

Prosesor Intel Core i7, RAM besar, dan layar OLED 4K membuatnya cocok untuk pekerjaan desain yang memerlukan presisi tinggi. Anda dapat menggunakannya dalam berbagai mode, mulai dari laptop hingga tablet.

Akhir Kata

Semua rekomendasi laptop mahasiswa DKV terbaru di atas memiliki keunggulan masing-masing dan pilihan terbaik akan tergantung pada preferensi Anda sendiri.

Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan desain grafis Anda, budget yang sesuai dan preferensi sistem operasi saat memilih laptop.

Satu hal yang pasti, dengan laptop yang tepat, Anda akan siap menghadapi tantangan perkuliahan DKV yang berhubungan dengan desain.