Teknologi

10 Rekomendasi Laptop Mahasiswa Sistem Informasi Terbaru 2023, Siap Ngoding 24 Jam

×

10 Rekomendasi Laptop Mahasiswa Sistem Informasi Terbaru 2023, Siap Ngoding 24 Jam

Share this article
Laptop Mahasiswa Sistem Informasi Terbaru
Laptop Mahasiswa Sistem Informasi Terbaru (Unsplash)

Ayo24 – Memilih laptop untuk Sistem Informasi pada perkuliahan menjadi salah satu hal terpenting bagi mahasiswa yang berada di jurusan ini.

Dengan memiliki laptop terbaik untuk jurusan Sistem Informasi, memungkinkan kita untuk mengikuti perkembangan teknologi, melakukan penelitian, dan menyelesaikan tugas-tugas kuliah dengan lebih efisien.

Namun, dengan banyaknya pilihan laptop di pasaran, bagaimana kita bisa memilih yang terbaik? Artikel ini akan memberikan Anda rekomendasi laptop mahasiswa Sistem Informasi untuk tahun 2023.

Tips Memilih Laptop Terbaik Untuk Sistem Informasi

Namun, sebelum itu ada baiknya kita mengetahui tips dalam memilih laptop yang cocok untuk mahasiswa Sistem Informasi.

Mulai dari processor, besaran dan generasi RAM, besaran dan jenis penyimpanan, resolusi layar, teknologi dan fitur didalamnya, serta harga yang sesuai dengan budget.

Processor yang Ideal

Ketika Anda mencari laptop untuk mahasiswa jurusan Sistem Informasi, salah satu pertimbangan utama adalah Processor yang digunakan.

Bukan tanpa sebab, karena procesor merupakan otak dari sebuah laptop atau komputer.

Prosesor yang kuat akan memastikan bahwa laptop Anda mampu menangani tugas-tugas berat dengan mulus, pilihan yang sering diandalkan adalah Intel Core i3 Gen-11 (minimal) atau AMD Ryzen 3.

Minimal RAM

Selain prosesor, RAM (Random Access Memory) juga memiliki peran besar dalam kinerja laptop Anda.

RAM memungkinkan laptop untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa mengalami lag atau penurunan kinerja.

Minimal 8GB RAM diperlukan untuk pengalaman yang memadai, tetapi jika Anda dapat mendapatkan laptop dengan 16GB RAM atau lebih, itu akan meningkatkan kemampuan multitasking Anda secara signifikan.

Penyimpanan SSD

Pilihlah laptop yang sudah menggunakan SSD (Solid State Drive) daripada HDD (Hard Disk Drive).

SSD lebih cepat daripada HDD tradisional yang menggunakan piringan, hal ini berarti akses data akan lebih cepat dan aplikasi akan lebih responsif saat dibuka tutup maupun berpindah aplikasi.

Baca Juga :  Motorola Pamer Konsep Ponsel Lipat yang Bisa Dijadikan Gelang Tangan

Dengan SSD, booting laptop, membuka aplikasi, dan mengakses file akan terasa lebih cepat dan lebih efisien.

Kartu Grafis/GPU (Opsional)

Jika Anda memiliki minat dalam bermain game atau mungkin melakukan tugas-tugas grafis yang intens, pertimbangkan untuk memilih laptop dengan kartu grafis yang memadai.

Salah satu pilihan yang populer adalah NVIDIA GeForce seri GTX / RTX.

Namun, bila Anda tidak bermain game, maka GPU basic seperti Intel HD pun sudah cukup.

Baterai yang Awet

Terakhir, tetapi tidak kalah penting, adalah baterai laptop. Jika Anda seorang mahasiswa atau sering bepergian dan tidak selalu memiliki akses ke stopkontak, baterai yang tahan lama adalah fitur yang sangat berharga.

Pastikan laptop Anda memiliki daya tahan baterai minimal 8 jam dengan satu pengisian daya penuh.

Minimal Spesifikasi Laptop Jurusan Sistem Informasi

Spesifikasi laptop terbaik untuk Sistem Informasi dapat bervariasi tergantung pada program studi dan kursus yang diambil.

Namun, beberapa spesifikasi minimal yang harus ada secara umum ialah :

  • Prosesor: Intel Core i3 atau setara
  • RAM: Minimal 8GB
  • GPU: Intel HD atau setara
  • Penyimpanan: SSD 256GB
  • Layar: 13Inch dengan resolusi minimal Full HD
  • Sistem Operasi: Windows 10, macOS atau Linux
  • Koneksi: WiFi, Bluetooth, Ethernet dan minimal dua port USB

Spesifikasi laptop yang cocok untuk mahasiswa Sistem Informasi diatas sudah cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang sering dipakai oleh anak kuliah jurusan Sistem Informasi, seperti Visual Studio Code atau NetBeans.

Rekomendasi Laptop Mahasiswa Sistem Informasi 2023 Terbaru

Berikut beberapa rekomendasi laptop mahasiswa Sistem Informasi terbaru yang siap menghadapi tugas-tugas dan proyek perkuliahan di dunia pemrograman atau coding.

1. Asus VivoBook Ultra 15 K513EA-IPS352

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-12500H, RAM 8GB, dan penyimpanan SSD 512GB. Laptop ini juga memiliki layar 15 inci Full HD dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050.

Baca Juga :  Tinder Select: Fitur Langganan Dating Apps yang Tuai Kritik Keras

Laptop dari Asus ini cocok untuk mahasiswa Sistem Informasi yang membutuhkan laptop dengan performa tinggi untuk menjalankan berbagai aplikasi dan software.

2. Acer Aspire 5 Slim A314

Laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 5500U, RAM 8GB, dan penyimpanan SSD 512GB. Laptop ini juga memiliki layar 14 inci Full HD.

Acer Aspire 5 Slim dinilai menjadi laptop yang cocok untuk mahasiswa Sistem Informasi yang membutuhkan laptop dengan performa yang cukup mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi dan software.

3. HP 14s-dq0508TU

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-1215U, RAM 8GB, dan penyimpanan SSD 512GB. Laptop ini juga memiliki layar 14 inci Full HD.

Rekomendasi laptop mahasiswa Sistem Informasi ini sangat cocok yang memiliki performa buas dan harga yang terjangkau untuk menjalankan berbagai aplikasi dan software.

4. Asus VivoBook X413EA

Asus VivoBook X413EA merupakan laptop entry-level yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-1215U, RAM 8GB, dan penyimpanan SSD 512GB serta mmemiliki layar 14 inci Full HD

5. Lenovo IdeaPad Slim 5 Pro

Laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7 5800U, RAM 8GB, dan penyimpanan SSD 512GB. Laptop ini juga memiliki layar 14 inci OLED Full HD.

Laptop ini pas untuk mahasiswa Sistem Informasi yang membutuhkan laptop dengan performa yang tinggi dan tampilan yang tajam.

6. Lenovo IdeaPad Flex 5 14ITL05

Lenovo IdeaPad Flex 5 14ITL05 adalah laptop convertible 2-in-1 yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa Sistem Informasi yang sering berkutat dalam dunia coding.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Laptop Mahasiswa Ilmu Komputer 2023 Terbaru

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-1135G7, RAM 8GB, dan penyimpanan SSD 512GB.

7. Dell Inspiron 14 5425

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-1245U, RAM 8GB, penyimpanan SSD 512GB dan dibekali layar 14 inci Full HD.

Dell memang sering kali memproduksi laptop mahasiswa Sistem Informasi dengan performa yang cukup mumpuni dan desain yang elegan.

8. Acer Swift 3 Infinity 4 SF314-511-54Y9

Laptop ini cocok untuk mahasiswa dan pekerja kantoran yang membutuhkan laptop dengan performa yang cukup mumpuni dan desain yang portabel.

Acer Swift 3 ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-1135G7, RAM 16GB, dan penyimpanan SSD 512GB. Laptop ini juga memiliki layar 14 inci Full HD.

9. HP Pavilion Aero 13

Laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 5500U, RAM 8GB, dan penyimpanan SSD 512GB. Laptop ini juga memiliki layar 13,3 inci Full HD IPS.

Laptop dari HP ini cocok untuk mahasiswa Sistem Informasi yang membutuhkan laptop dengan performa yang cukup mumpuni dan desain yang tipis dan ringan.

10. Asus Vivobook S14

Asus Vivobook S14 adalah laptop tipis dan ringan yang di bekali prosesor Intel Core i5-12500H, RAM 16GB, dan penyimpanan SSD 512GB.

Laptop ini juga memiliki layar 14 inci Full HD dengan refresh rate 90Hz, yang akan menampilkan layar lebih smooth.

Akhir Kata

Itulah rekomendasi laptop terbaik untuk jurusan Sistem Informasi dengan berbagai spesifikasi yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

Pilihlah laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda sehingga Anda dapat menyelesaikan tugas akademik dengan lancar.

Dengan laptop yang tepat, Anda akan lebih nyaman dan efisien dalam menjalani kegiatan akademik dalam perkuliahan sehingga lebih produktif dalam mengejar gelar Sistem Informasi Anda.