Healthy

Stres Menjadi Sumber Segala Penyakit, Kenali Tanda-tanda Berikut Ini Untuk Mencegah

×

Stres Menjadi Sumber Segala Penyakit, Kenali Tanda-tanda Berikut Ini Untuk Mencegah

Share this article
Ilustrasi orang yang mengalami stres
Ilustrasi orang yang mengalami stres (Unsplash)

Ayo24 – Stres, yang sering menjadi musuh tersembunyi penyebab berbagai penyakit, ternyata juga memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan kulit dan tubuh kita.

Walaupun pada pandangan awal stres mungkin tidak terlihat berkaitan dengan banyak penyakit, seringkali ketika Anda berkonsultasi dengan dokter, Anda akan mendengar rekomendasi untuk mengurangi stres.

Hal ini menunjukkan bahwa stres memiliki pengaruh yang mendalam pada tubuh kita.

Tentu saja, mengurangi stres bukanlah hal yang mudah. Situasi stres, baik besar maupun kecil, tersebar di berbagai aspek kehidupan kita, seperti di tempat kerja, di rumah, atau dalam bersosialisasi.

Jika tidak mungkin untuk sepenuhnya menghindari atau menghilangkan stres, penting untuk mengenali tanda-tanda pada tubuh yang mengindikasikan bahwa stres berlebihan.

Apa saja tanda-tanda stres yang perlu Anda perhatikan?

1. Gatal Kulit Kronis

Pada musim kemarau ketika udara mulai kering, gatal pada kulit mungkin sering terjadi.

Namun, jika Anda mengalami gatal yang tidak jelas penyebabnya meskipun Anda telah menjaga kelembaban kulit dan tidak memiliki masalah kulit kronis, stres bisa menjadi penyebabnya.

Penelitian di Jepang bahkan menunjukkan bahwa risiko mengalami gatal kronis dua kali lebih tinggi pada orang yang mengalami stres berlebihan dibandingkan dengan yang tidak.

2. Penurunan Kemampuan Konsentrasi dan Ingatan

Jika Anda merasa sulit untuk fokus pada pekerjaan atau sering lupa hal-hal kecil, stres mungkin menjadi penyebabnya.

Bahkan sedikit stres dapat mengakibatkan penurunan kemampuan konsentrasi dan ingatan, menurut penelitian dari Universitas British Columbia.

Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres agar Anda dapat menjaga kualitas hidup dan kinerja Anda.

3. Pembengkakan (Edema)

Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan penurunan sirkulasi darah, yang pada gilirannya bisa mengakibatkan pembengkakan (edema).

Ketika menghadapi kondisi ini, mengurangi asupan natrium dan rutin melakukan peregangan tubuh untuk meningkatkan sirkulasi darah menjadi hal yang penting.

Mandi kaki atau mandi setengah badan juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah.

Mengatasi stres adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. Namun, selain itu, Anda juga bisa mencoba teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau olahraga rutin untuk membantu mengurangi tingkat stres.

Jangan remehkan dampak stres pada kesehatan Anda, dan selalu berusaha untuk hidup lebih sehat dan lebih bahagia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *