Nasional

Gibran Resmi Jadi Cawapres Prabowo di Pilpres 2024, Putusan MK Sukses?

×

Gibran Resmi Jadi Cawapres Prabowo di Pilpres 2024, Putusan MK Sukses?

Share this article
Gibran Resmi Jadi Cawapres Prabowo
Gibran Resmi Jadi Cawapres Prabowo (Detik)

Ayo24 – Akhirnya, setelah sekian purnama pertanyaan terkait siapa cawapres Prabowo Subianto terjawab, ialah putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Minggu malam (22/10/2023), Kediaman bakal calon presiden, Prabowo Subianto, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menjadi saksi penting ketika para Ketua Umum Partai Politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) berkumpul untuk mengambil keputusan yang sangat dinanti-nantikan oleh publik.

Mereka berkumpul dalam rapat penting untuk menentukan sosok calon wakil presiden cawapres yang akan mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang.

Sejak awal, nama Gibran Rakabuming Raka telah menjadi sorotan utama dalam spekulasi calon cawapres pendamping Prabowo.

Dan, seperti yang telah diantisipasi, Prabowo Subianto memutuskan untuk memilih Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapresnya.

Baca Juga :  Mentan Syahrul Yasin Limpo Hilang Usai Jadi Tersangka Dugaan Korupsi

“Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo.

Keputusan ini bukanlah keputusan sembarangan. Sebelumnya, Ketum Partai Bulan Bintang, Yusril Ihza Mahendra, juga menyatakan bahwa KIM telah sepakat mendukung pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo sendiri akan secara resmi mendeklarasikan sosok cawapresnya di Jakarta pada Senin, 23 Oktober 2023.

Prabowo Subianto menjelaskan bahwa keputusan ini didasarkan pada hasil rapat para Ketua Umum Partai Politik yang tergabung dalam KIM.

Baca Juga :  Beban Fiskal Meningkat, Pemerintah Berniat Reduksi Kuota LPG Subsidi

Dalam proses pengambilan keputusan ini, nama-nama calon cawapres dibahas secara serius dan mendalam.

Namun, sebelumnya, nama Erick Thohir juga sempat menjadi kandidat terkuat dalam perbincangan politik.

Prabowo pun tidak menampik jika nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, banyak diusulkan oleh partai-partai koalisi.

Ini menunjukkan bahwa komunikasi yang intens dilakukan antara Prabowo dan Gibran dalam proses pengambilan keputusan ini.

Tidak hanya itu, Partai Golkar juga secara resmi mengusulkan nama Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Usulan ini didapatkan dari hasil pertemuan dan rapat dengan ketua-ketua DPD pada Jumat (20/10/2023).

Baca Juga :  Komnas Perempuan: Pasang Stiker Larangan Onani di Angkot

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, bahkan mengungkapkan beberapa alasan mengapa partainya memilih Gibran sebagai bakal cawapres.

Menurut Airlangga Hartarto, Gibran dinilai memiliki sejumlah kualitas yang sangat memadai untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto.

Keputusan ini tentu bukan tanpa pertimbangan matang, dan partai Golkar yakin bahwa Gibran dapat memberikan kontribusi positif dalam perhelatan politik Pilpres 2024 mendatang.

Keputusan ini membawa harapan besar bagi Koalisi Indonesia Maju, dan masyarakat pun akan terus memantau perkembangan selanjutnya dalam perjalanan menuju Pilpres 2024.

Gibran Rakabuming Raka telah ditetapkan sebagai cawapres Prabowo Subianto, dan ini adalah langkah penting dalam upaya merebut kepercayaan rakyat Indonesia.